elang bondol pulau seribuElang Bondol maskot Jakarta, mungkin kita sudah hal tersebut dan oleh sebagian warga kota Jakarta.Bus transjakarta pun turut menggunakan gambar burung Elang Bondol (dengan mencengkeram Salak Condet) sebagai logo yang terpasang di setiap bisnya. Namun tahukah Anda bahwa hewan tersebut berada di ambang kepunahan dan habitat alaminya hanya tinggal di Kepulauan Seribu jakarta?.

Elang Bondol merupakan salah satu jenis elang yang dapat dijumpai di Indonesia. Elang Bondol kadang disebut juga sebagai Lang Lang Merah atau Elang Tembikar. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Brahminy Kite atau Red-backed Sea-eagle. Sedangkan nama ilmiah hewan ini adalah Haliastur indus yang dikenal juga dengan sebutan Falco indus.

Bahkan di kepulauan seribu sendiri sebagai benteng terakhir habitat asli Elang bondol yang notabene wilayahnya di Jakarta masih tergolong jauh dari polusi dan hiruk pikuknya peradaban, Elang Bondol juga mulai terancam kepunahannya. Hal ini tentunya sangatlah ironis, Sang Maskot Kota Jakarta, Elang Bondol, semakin sulit dijumpai dan langka bahkan terancam punah. Tanpa kepedulian dan usaha kita semua diyakini  Elang bondol akan hilang dari habitatnya untuk selamanya. Dan sang burung yang gagah ini hanya akan menjadi Maskot bagi Ibukota Jakarta tanpa kita pernah melihat bentuk aslinya.

Haruskah mereka punah begitu saja?

BACA JUGA :