liburan di pulau seribu

Tips liburan aman ke pulau seribu РSebagai warga Jakarta kita sangat bersyukur memiliki kepulauan seribu yang merupakan bagian dari Jakarta. Keberadaan kepulauan ini memberikan nuansa baru bagi warga Jakarta yang dulunya memiliki keterbatasan soal urusan wisata alam. Masyarakat Jakarta mungkin sudah bosan dengan aktivitas wisata yang bersifat modern seperti dufan, Taman mini, Kebun raya Ragunan, Mall, dll. Mereka butuh suasana baru, suasana alami dan jauh dari hiruk pikuknya ibukota dalam aktivitas wisata mereka

Beberapa tahun lalu Puncak menjadi pilihan wisata utama warga jakarta dalam urusan wisata alam. Disana ada cibodas, taman safari, wisata air terjun dll. Namun seiring waktu puncak menjadi tempat yang sangat ramai dan mulai seperti jakarta dimana keramaian terjadi diwaktu masa libur tiba. Nah sekarang kita punya Kepulauan seribu atau yang disebut juga dengan Pulau seribu, wisata ini mulai naik daun semenjak tahun 2012 lalu dimana fasilitas sektor transport menuju pulau mulai di perbaiki baik oleh pemerintah maupun swasta.

Kalau Anda penasaran dan mempunyai keinginan untuk berlibur ke Pulau seribu baiknya baca dulu tips dari kami tentang “Tips Liburan Aman ke Pulau seribu”. Dengan membaca tips dari kami diharapkan dapat memberikan gambaran awal dan informasi-informasi yang diperlukan bagi Anda untuk mengunjungi Kepulauan seribu. Berikut Tips Liburan Aman ke Pulau seribu dari Kami :

 

Browsing dan Cari tahu dahulu tentang informasi Wisata Pulau Seribu

Saat ini informasi tentang wisata pulau seribu banyak kita dapatkan di google atau internet. Banyak bahasan secara detail tentang semua informasi yang Anda butuhkan, karena harus diingat kepulauan seribu terdiri atas ratusan pulau dan sekitar 20-an pulau wisata yang telah dikelola baik oleh swasta maupun swadaya masyarakat. Dengan informasi tersebut diharapkan Anda dapat menentukan mana pulau yang terbaik, sesuai dengan keinginan Anda berwisata kepulau dan yang paling penting sesuai dengan budget Anda.

 

Memilih Travel Agent yang Terpercaya

Memilih Travel agent yang terpercaya juga menjadi salah satu syarat berikutnya untuk liburan aman ke Pulau seribu. Banyak travel agent yang menawarkan produk wisata ke Pulau seribu dari yang perorangan maupun berbadan hukum seperti CV atau PT, dan juga banyak website yang menawarkan jasa wisata dari paket yang murah sampe yang mahal. Tentunya saran kami adalah pilih yang berbadan hukum, karena keamanan transaksi adalah hal yang terpenting dalam transaksi jual beli baik barang maupun jasa. Anda harus tahu dimana lokasi kantornya (pilih yang berkantor dekat dengan dermaga kebrangkatan), track record & profesionalisme dari travel tersebut, dan juga mengetahui pelayanan yang diberikan oleh travel tersebut. Kenapa hal ini begitu penting? karena banyak kasus yang terjadi dimana wisatawan salah dalam memilih travel agent ke pulau seribu sehingga liburan mereka menjadi kurang bahkan tidak berkualitas lagi. Contoh-contoh kejadiannya antara lain :

  • Perwakilan dan staff dari travel tersebut tidak datang saat Anda berangkat ke pulau seribu sehingga saat terjadi permasalahan Anda harus menyelesaikannya sendiri karena kantornya pun jauh dari lokasi dermaga keberangkatan.
  • Pembayaran sudah dilakukan tapi ternyata bookingan hilang dan travel yang Anda pilih tidak hadir di saat permasalahan itu terjadi sehingga Anda akan rugi segalanya dari waktu, uang, dan kenyamanan wisata Anda.
  • Permasalahan sering terjadi karena kurangnya kompetensi dari staff travel tersebut sehingga permasalahan-permasalahan menjadi muncul.
  • Untuk khusus wisata bersama rombongan, pilihlah travel agent yang sudah memiliki pengalaman menghandle tour dengan puluhan dan ratusan orang, serta travel yang menawarkan pelayanan yang prima baik saat di dermaga keberangkatan, saat di pulau, sampe saat kepulangan Anda dan rombongan. Karena banyak kejadian rombongan tour yang dibawa tidak terlayani dengan baik dan profesional serta tour guide yang memimpin tidak bisa menaikkan mood dari peserta tournya sehingga perjalanan tour rombongan Anda menjadi biasa-biasa saja tanpa kesan khusus.

 

Datang di dermaga Keberangkatan lebih Awal

Kita semua mengetahui bahwa Transportasi menuju kepulauan seribu masih dikelola oleh perorangan maupun swasta yang tergolong dengan standart management yang biasa-biasa saja, walaupun ada fasilitas transport yang dikelola oleh pemerintah namun jumlahnya sangat terbatas. Dan bicara management transportasinya memang diakui masih jauh dari standart seperti management transport yang dikelola pemerintah baik di transportasi darat, laut apalagi udara. Sehingga system reservasinya, management waktu dan management armada serta lokasi dermaga keberngkatan masih tergolong kurang baik. Sehingga semakin Anda datang lebih telat maka jumlah wisatawan didermaga akan semakin menumpuk, serta kemungkinan Anda berangkat dengan kapal yang lebih siang juga akan bisa terjadi. Kejadian yang sering muncul ; Wisatawan tertinggal kapal boat karena telat sampai dermaga keberangkatan terutama untuk wisatawan yang melalui dermaga keberangkatan kali adem yang terkenal di wilayah rawan macet. Tidak seperti pesawat ataupun bus kota dan kereta api, keberangkatan kapal boat sangat terbatas perharinya, ketika Anda tertinggal maka Anda tidak menemukan alternative kapal kecuali charter kapal yang pastinya berbiaya mahal.

 

Mengikuti Arahan Crew Kapal saat Perjalanan Menuju Pulau

Menuju ke kepulauan seribu kita akan menggunakan kapal speedboat baik yang berukuran kecil, sedang maupun besar. Diperjalanan kita akan melewati laut dengan ombak yang kecil, sedang dan kadang agak besar (beruntung pulau seribu termasuk didalam wilayah yang memiliki ombak dengan skala kecil-sedang) maka diawal crew kapal akan memberikan arahan-arahan seperti penggunaan life jacket dan aturan-aturan lain yang sifatnya savety prosedur. Dan jangan lupa bagi Anda yang agak mabuk perjalanan lebih baik membawa obat mabuk perjalanan dan juga memilih lokasi duduk dikapal yang agak dibelakang untuk menghindari goncangan ombak.

 

Mengikuti Panduan Staf Pulau selama Mengikuti Kegiatan Wisata

Begitu tiba di Pulau yang dituju Anda akan segera bertemu staf-staf pulau yang akan memberikan arahan-arahan setiap kegiatan wisata yang Anda lakukan. Anda wajib mengikuti panduan-panduan tersebut dan tidak enggan untuk bertanya perihal yang anda tidak mengetahui tentang segala aspek dipulau tersebut. Saya memberi contoh masih banyak di pulau seribu satwa-satwa yang berkeliaran bebas seperti biawak yang sebenarnya sudah jinak, namun bisa berbahaya disaat Anda tidak tahu informasi ini dan menginjaknya karena Anda tidak tahu misalnya. Dan juga banyak kejadian dimana wisatawan melakukan snorkeling dan tidak sengaja maupun sengaja memegang ikan lepoh, buntut ikan pari, karang beracun yang bisa membuat kulit iritasi dan luka. Oleh sebab itu mengikuti panduan dari staf pulau adalah sebuah kewajiban dan tidak bisa ditawa-tawar.

 

Menghormati Kelestarian Alam di Kepulauan seribu

Manusia sebagai mahluk ciptaan Yang Maha Kuasa tentunya wajib menghormati dan turut melestarikan keindahan Alam, juga dengan pulau seribu yang memiliki ribuan jenis ikan dan spesies satwanya. Banyak kejadian sampah-sampah yang menumpuk dipulau dan mengganggu kualitas wisata Anda namun sangat disayangkan hal ini justru datang dari wisatawan yang berkunjung. Mereka tidak mengindahkan pentingnya pelestarian alam Pulau seribu dan cendrung merusak keindahan dan kecantikan dari Pulau seribu dengan membuang sampah sembarangan, merusak terumbu karang, mencemari air laut dan hal negative lainnya. Ketika semua wisatawan bisa dengan bijak turut membantu menjaga kelestarian alam Pulau seribu, maka otomatis wisata pulau seribu akan menjadi sebuah kawasan indah yang berada diteluk jakarta.

Demikian ‘Tips Liburan Aman ke Pulau seribu‘ dari Kami, semoga dengan tips ini..liburan Anda akan menjadi sebuah liburan impian bersama keluarga.

 

Penulis : Rangga Aria

NB : Jadilah penulis yang baik dengan tidak mengcopi tulisan orang lain dan mengklaimnya