wisata pulau seribu jakarta

Wisata ke Pulau Seribu Resort atau Pulau Penduduk? – Mungkin masih banyak pengunjung yang belum tahu ada beberapa macam pulau di kepulauan seribu. Pulau seribu terdiri dari 4 jenis yaitu pulau pemukiman/penduduk, pulau resort/komersil, pulau konservasi dan pulau private untuk kepentingan pribadi.

Yang saya akan bahas kali ini tentang pilihan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau seribu, mana yang lebih baik pulau penduduk atau pulau resort. Untuk Pulau penduduk dikepulauan seribu terdiri dari pulau untung jawa, tidung, pari, pramuka, harapan dan kelapa, dan beberapa pulau yang sedang tahap pengembangan. Sedangkan untuk pulau resort kita pasti mengenal pulau ayer, bidadari, sepa, pelangi, putri, macan, pantara, pulau pribadi seperti pulau h, pulau genteng kecil, royal island yang merupakan pulau bertype resort yang dikomersilkan menjadi tujuan wisata. Mana yang akan Anda pilih? Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang kelebihan-kelebihan dan fasilitas yang ditawarkan oleh pulau resort dan pulau penduduk.

Namun sebelumnya Anda harus mengetahui, masing – masing type pulau baik pulau resort maupun pulau penduduk memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. Seperti pulau penduduk, sebutan ini diberikan untuk pulau-pulau di kepulauan seribu yang dijadikan pemukiman dan ditinggali baik oleh penduduk asli maupun pendatang. Sementara itu pulau resort adalah pulau yang diperuntukkan khusus untuk wisata dan komersi yang dikelola oleh pihak swastal. Dimana dipulau tersebut dibangun cottage-cottage penginapan mendekati standar hotel dan dilengkapi fasilitas wisata lain untuk membuat wisatawan tertarik berkunjung.

Hal yang paling membedakan antara pulau resort dan pulau penduduk jelas dari sisi harga, banyak orang memilih berwisata ke pulau penduduk dikarenakan faktor harga yang lebih murah. Pulau resort memang menawarkan harga paket wisata yang lebih mahal, pembiayaan secara swadaya swasta tanpa bantuan dari pemerintahlah yang membuat paket wisata pulau seribu resort menjadi jauh lebih tinggi dari wisata pulau penduduk. Mulai dari transportasi sampai kebutuhan listrik dan bahan pangan, memakan biaya jauh lebih besar dari pulau penduduk yang rata-rata kebutuhan utama mereka disubsidi langsung oleh pemerintah.

Tapi untuk urusan pengelolaan wisata, pulau resort jauh lebih baik dari pulau penduduk. Jika anda ingin merasakan kenyamanan standar hotel, paket wisata yang lebih tertata baik, makanan yang lebih baik dan standart pastinya akan lebih terakomodir oleh wisata pulau seribu resort dibanding wisata pulau penduduk. Tapi bukan berarti juga pulau resort jauh lebih baik dari pulau penduduk, ada banyak wisatawan yang memilih pulau penduduk bukan karena harga lebih murah, namun karena pulau penduduk jauh lebih ramai dan wisatawan ingin menikmati suasana alami kearifan lokal khas warga orang pulo (sebutan warga kepulauan seribu).

Tentu hal ini kembali lagi pada pilihan masing – masing, ┬ájika anda ingin suasana yang ramai dengan harga yang cincay shay, sudah pasti pulau penduduk atau pulau pemukiman adalah pilihan yang tepat. Tapi buat Anda yang menginginkan liburan yang menghadirkan sensasi kemewahan, makanan yang lebih baik, pengelolaan wisata yang lebih tertata maka Pulau seribu resort adalah pilihannya walau dengan harga yang jauh lebih mahal.

Tertarik untuk berlibur ke pulau seribu dengan pengalaman yang baru? You know what to do… pilihlah travel wisata pulau seribu yang mampu menjamin kenyamanan anda mulai dari pemesanan sampai kembali lagi ke jakarta.

 

Penulis : Alvin Bolang

NB : Jadilah penulis yang baik dengan tidak mencuri karya orang lain dan kemudian mengklaimnya sebagai karya sendiri