Nama dan Jenis Ikan Laut yang Ada di Kepulauan seribuPulau seribu memiliki segudang cerita yang bisa disampaikan. Banyak aspek yang bisa kita bahas, dari aspek wisatanya, aspek sejarah, aspek geografis, aspek pemerintahan sampai aspek yang tidak kalah pentingnya yaitu hewan-hewan dan ikan laut yang ada di kepulauan seribu.

Sebagai salah satu pencinta kawasan Kepulauan seribu, kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang nama dan jenis ikan yang ada di Kepulauan seribu. Mengapa hal ini menjadi penting? karena bila kita ingin mengembangkan suatu kawasan/daerah, maka kita harus mengetahui seluruh seluk beluk yang ada di kawasan tersebut baik dari A sampai Z, sehingga keseluruhan potensinya bisa kita ketahui dan kemudian dikembangkan dengan maksimal.

Pulau seribu sendiri sebenarnya masuk dalam perairan yang menjadi rute migrasi beberapa jenis ikan seperti tongkol, kuwe, tenggiri namun seiring dengan perubahan cuaca, iklim, kualitas air di kepulauan seribu, jumlah ikan yang bermigrasi tersebut tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya dimana kepulauan seribu memiliki ketersediaan ikan yang berlimpah ruah.

Berikut nama dan jenis ikan laut yang ada di Kepulauan seribu yang sampai sekarang masih sering kita dapat temui.

 

Ikan Tenggiri

ikan tenggiri

Ikan Tenggiri adalah nama ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus,. Ikan ini merupakan kerabat dekat dari ikan tuna, tongkol, makarel dan ikan kembung (sumber wikipedia). Ikan ini bertubuh memanjang, pipih lumayan padat pada sisi-sisinya, tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya. Memiliki moncong meruncing, mulut lebar serta rahang yang kuat dan dengan gigi-gigi yang tajam. Jenis ikan ini adalah ikan pelagis yaitu ikan yang hidup di permukaan laut sampai 3/4 dasar perairan laut. Ikan pelagis biasanya hidup bergerombol dan melakukan migrasi sesuai dengan daerah migrasinya. Ikan ini akan berlimpah dan banyak dijumpai diperairan Kepulauan Seribu pada periode bulan November dan Desember.

 

Ikan Tongkol

ikan tongkol

Seperti yang dibahas sebelumnya Ikan tongkol adalah salah satu kerabat dekat dari Ikan Tenggiri (marga scomberomorus). Ikan ini berukuran sedang yaitu dengan panjang maksimal sekitar 100 cm, namun umumnya hanya sekitar 50-60 cm saja yang ada di Kepulauan seribu. Ikan ini memiliki punggung berwarna biru gelap ciri khas dari ikan pelagis, dengan memiliki pola seperti coret-coret miring yang rumit mulai dari pertengahan sirip punggung sampai ke bagian buntut. Sisi badan dan perut berwarna putih keperakan, dengan bercak-bercak khas berwarna gelap di antara sirip dada dan sirip perut, yang tidak selalu ada.  Dan juga tidak bersisik seperti ikan tenggiri kecuali pada gurat sisinya. Ikan ini banyak dijumpai diperairan Kepulauan seribu pada periode april hingga oktober.

 

Ikan Kakap

ikan kakap

Ikan Kakap atau nama ilmiahnya Lutjanidae adalah keluarga ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang yang masih bagus perairannya. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Di Kepulauan seribu sendiri banyak jenis ikan kakap yang bisa kita temukan dari ikan kakap merah (Red snapper), ikan kakap domba (Mutton snapper) dan ikan kakap tanda-tanda (Mahogany snapper). Banyak pencinta olah raga pancing di pulau seribu yang mengincar jenis ikan ini terutama ikan kakap merah sebagai target utamanya.

 

Ikan Kerapu

ikan kerapu

Ikan kerapu dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan ikan grouper atau groper, karena ikan ini sering bergerombol saat mencari mangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Ikan ini memiliki banyak jenis dengan sekitar 48 jenis yang dikenal di dunia bahkan di kepulauan seribu ada yang disebut dengan ikan kerapu nelson mandela. jenis ikan kerapu sendiri terdiri dari jenis kerapu berukuran kecil sampai jenis ikan kerapu yang memiliki ukuran sangat besar. Ciri bentuk tubuhnya lebar tubuh lebih kecil dari pada panjang dan tinggi tubuh, rahang atas dan bawah dilengkapi dengan gigi yang lancip dan kuat, mulut lebar, sirip ekor berbentuk bundar, sirip punggung tunggal dan memanjang, dan dengan badan yang ditutupi sirip kecil yang bersisik ctenoid yaitu sisik berduri yang berbentuk seperti sisir (ctenoid=sisir). Kepulauan seribu sendiri memiliki potensi pengembak biakan kerapu dari jenis kerapu macan,kerapu bebek dan kerapu totol.

 

Ikan Kembung

ikan kembung

Ikan Kembung adalah ikan laut pelagis yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger. Meskipun bertubuh kecil berbeda dengan kerabatnya, ikan ini masih sekerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, dan ikan tuna. Secara umumnya, ikan kembung ini memiliki bentuk tubuh ramping dan panjang kelapa lebih tinggi dari kepala dengan panjang maksimum 35 cm dengan panjang rata – rata mencapai 20 – 25 cm.

Bagian tubuh Ikan ini di tutupi dengan sisik halus dan sokselet dibagian belakang sirip dada, dan terdapat selaput lemak pada kelopak bagian mata. Yang menjadi ciri juga warna biru kehijauan dibagian atas tubuh, dan berwarna putih kekuningan dibagian bawah, serta sirip punggung memiliki warna abu – abu kekuningan, sirip ekor dan dada kekuningan.

 

Ikan Baronang

ikan baronang

Ikan Baronang dalam bahasa inggris disebut rabbitfish karena prilaku makannya yang memakan tumbuh-tumbuhan (rumput laut). Panjang tubuh ikan baronang dewasa mencapai 20–45 cm, tubuhnya membujur dan memipih lateral, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil dengan rahang yang dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan yang sebenarnya ber bisa namun tidak membahayakan buat manusia. Ikan ini dahulu sangat banyak di perairan Kepulauan seribu, namun saat ini sudah semakin jarang keberadaannya.

 

Ikan Kuwe

ikan kuwe

Ikan kuwe merupakan ikan perenang di atas permukaan air  dan juga termasuk dalam ikan jenis pelagis. Ikan ini dikenal juga dengan nama giant trevally atau GT (dibaca jiti) yang mudah sekali dikenali dari dahinya yang tampak besar dengan warna tubuh keperakan dan bercak -bercak menyala berwarna kuning.

Ukuran tubuhnya bisa tumbuh besar besar, bahkan panjang dapat mencapai 170 cm dan berat 80 kg menurut data yang ada. Ketika muda ikan kuwe menyukai perairan dengan kegaraman rendah, tetapi setelah besar dapat ditemukan di berbagai zona laut.Itulah mungkin salah satu alasan kenapa saat ini di Kepulauan seribu ikan kuwe tidak sebanyak beberapa tahun yang lalu.

 

Ikan Selar

ikan selar

Ikan selar adalah sejenis ikan laut dari suku Carangidae (hidup dan berkoloni di karang), jumlahnya sangat banyak dan mendiami perairan Indonesia, terutama menyebar di wilayah pesisir dan laut-laut dangkal.   Ikan bertubuh kecil (biasanya < 15 cm) ini dikenal dengan berbagai nama dalam bahasa inggrisnya seperti yellowstripe scadyellowstripe trevallyyellow-banded trevally, Black-tipped Trevally karena dari banyaknya jenis dari ikan selar ini dari mulai ikan selar kuning, ikan selar bentong, ikan selar batang, ikan selar como dan banyak lagi

Ikan Selar hidup diperairan karang, terumbu karang, membentuk gerombolan kecil Dan ketika mereka dewasa cenderung untuk hidup menyendiri. Sebenarnya ikan selar bisa tumbuh besar sampai ukuran 70 cm (jenis black-tipped trevally)namun jenis dari ikan tersebut jarang ada di perairan kepulauan seribu. Selar kuning paling banyak mendiami perairan pulau seribu, bentuk tubuhnya pipih, dengan sisik tubuh bagian atasnya yang berwarna hijau-kebiruan serta garis kuning, dan untuk bagian bawahnya berwarna perak. Ikan ini jumlahnya sangat banyak dan menjadi salah satu alasan migrasi ikan-ikan pelagis seperti ikan tenggiri, ikan tongkol dan lainnya.

 

Ikan Tembang

ikan tembang

Ikan tembang merupakan ikan-ikan yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama sardine fish adalah salah satu jenis ikan pelagis yang suka bermigrasi berpindah tempat. Ikan tembang memiliki bentuk tubuh memanjang dan gepeng/pipih, dengan sisik-sisik duri terdapat di bagian bawah badan. Warnanya biru kehijauan pada bagian atas, putih perak pada bagian bawah.Warna sirip-siripnya pucat kehijauan dan tembus cahaya.   Ikan ini selalu hidup berkoloni membentuk gerombolan besar. Ukurannya dapat mencapai 16 cm, namun umumnya 12,5 cm dan menjadi makanan favorit ikan predator seperti tenggiri dan lain-lain. Di kepulauan seribu jumlahnya sangat banyak hampir disepanjang tahun kecuali di periode desember-januari.

Demikian informasi dari saya tentang ‘Nama dan Jenis Ikan Laut yang Ada di Perairan Kepulauan seribu‘. Semoga dengan semakin mengenal kepulauan seribu beserta habitat tumbuhan dan hewannya, akan semakin menumbuhkan rasa cinta kita sebagai warga Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

 
Penusis : Rangga Aria
NB : Jadilah penulis yang bijak dengan tidak mengcopy karya orang lain dan kemudian mengclaimnya.